ALUMNI GAPATU-1984
Selamat Datang di Situs GAPATU-1984

Silakan LOGIN terlebih dahulu menggunakan ketentuan USERNAME dan PASSWORD yang telah kami informasikan. Jika ada masalah silakan liat di FORUM - BAGAIMANA MENJALANKAN SITUS INI.

Lakukan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama kami sarankan untuk mengisi dan melengkapi profil dari masing-masing alumni lengkap dengan photo AVATAR.

Kemudian masuk ke kotak CHATBOX (barangkali ada sesama alumni sedang ONLINE) dan LOGIn di CHATBOX.

Berikan tanggapan atas topik-topik yang telah dimasukkan oleh alumni lain atau membuat topik baru jika memang ada sesuatu yang baru untuk di sampaikan.

Salam
ADMIN
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sat Aug 27, 2016 7:11 am
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 

Calendar Calendar

REUNI GAPATU-1984 NGINEP

Sat May 01, 2010 9:05 am by admin

Kiye usulane Dyah Erina lewat SMS sing ditujukan ke Onsen Riwayanto.
Jarene Dyah ngusulna dianakaken REUNI GAPATU-1984 tapi karo nginep. Mboh karo keluarga apa ora kurang jelas. Kayane Dyah pengen …

Comments: 2

Latest topics
» PEMASANGAN PHOTO AVATAR
Mon May 10, 2010 5:33 pm by admin

» REUNI GAPATU-1984 NGINEP
Sat May 08, 2010 8:44 pm by jklelonowidoyono

» PENGOPERASIAN SITUS INI
Wed May 05, 2010 10:20 pm by dyah_erina

» PROGRAM CHARITY - BEASISWA
Sat May 01, 2010 3:03 pm by admin

» PENGUMPULAN ARSIP PHOTO ALUMNI GAPATU-1984
Sat May 01, 2010 10:38 am by admin

» DIJUAL TANAMAN CORDYLINE
Sat May 01, 2010 10:08 am by admin

» GALANG DANA UNTUK BP. GUNAWAN
Wed Apr 28, 2010 8:13 pm by jklelonowidoyono

» MUNAS III SMA NEGERI PEMALANG
Mon Apr 26, 2010 10:59 pm by admin

» JEJARING MIKROEKONOMI GAPATU
Mon Apr 26, 2010 9:27 pm by arimardionogapatu

» MEETING ANGGOTA ONLINE DAN REALTIME
Mon Apr 26, 2010 8:32 pm by admin

Gallery


Poll

Kriteria Pemilihan Ketua

13% 13% [ 3 ]
17% 17% [ 4 ]
17% 17% [ 4 ]
17% 17% [ 4 ]
17% 17% [ 4 ]
17% 17% [ 4 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 23

Login

Lupa password?

Top posters
admin (17)
 
jklelonowidoyono (2)
 
nisan setiadi (2)
 
dyah_erina (2)
 
harkelmail (1)
 
arimardionogapatu (1)
 


MUNAS III SMA NEGERI PEMALANG

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MUNAS III SMA NEGERI PEMALANG

Post by admin on Mon Apr 26, 2010 10:59 pm

Munas Peralihan dan Pembaharuan
Oleh: Damir Hendra Kusuma

Setiap zaman memiliki sejarahnya masing-masing dan setiap sejarah memiliki pelaku maupun tokoh sendiri. Namun demikian, setiap rentetan peristiwa dalam sejarah suatu masa maupun kelompok juga memiliki keterkaitan satu sama lain. Atau bahkan bisa jadi suatu peristiwa dalam suatu sejarah justru merupakan pengulangan (reinkarnasi) dari suatu peristiwa yang pernah terjadi pada masa sebelumnya. Demikian juga yang terjadi pada acara Munas III Alumni SMAN 1 Pemalang yang berlangsung pada hari Sabtu, 27 Februari 2010 bertempat di aula kebanggaan para alumninya.



Munas yang dihadiri oleh 58 orang dari berbagai angkatan itu berlangsung cukup lancar dan sesuai dengan rancangan acara yang telah dibuat oleh Panitia Pengarah (Steering Committee) yang dibentuk melalui dunia maya, millist alumni, walaupun ada keterlambatan sekitar 1 jam yang sedianya dimulai pukul 10:00 WIB. Tiga orang perwakilan panitia yang kebetulan satu angkatan dan satu kelas (IPA-2/85) yang terdiri dari Sri Yanuarti (Ketua Caretaker), Sukedi Suud (Ketua Bidang Beasiswa) dan Damir Hendra Kusuma bertindak sebagai moderator membuka sesi pertama yang diisi sambutan - sambutan dan pembagian hadiah lomba menulis ceritera bahasa pemalangan maupun pemberian beasiswa secara simbolis kepada siswa kelas XI dan XII. Sementara di meja penerima tamu ada seorang perempuan, Sri “Gogoth” Kusunaryati angkatan 1985, juga terlihat sangat sibuk mengatur daftar hadir dan perlengkapan munas bagi setiap peserta yang hadir.

Ada kejadian yang cukup mengangetkan bagi sebagian besar peserta munas, khusunya mereka angkatan 1980 – 2009, saat Bapak Kombes Pol. (Purn) Drs. Arifin AB, SH (angkatan 1962) mengatakan bahwa sebetulnya kita sudah memilki organsisasi alumni yaitu Paguyuban Alumni (Bani) SMA Negeri Pemalang yang berdiri sejak tahun 1996 berdasarkan Munas I di Cisarua Bogor dan dilanjutkan dengan Munas II di Jakarta pada tahun 2000 serta mengamanatkan beliau sebagai Ketuanya dibantu beberapa pengurus harian yang sebagian sudah almarhum. Lebih lanjut Pak Arifin mengatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya selama 14 tahun itu juga memiliki AD/ART lengkap dengan program jangka pendek, menengah dan panjang. Salah satu program yang menunjukkan kesederhanaan sikap dan patut kita tindaklanjuti saat ini adalah iuran wajib anggota sebesar Rp.1.000,-/orang setiap bulan. Sepele kelihatannya, tetapi cukup berat untuk mewujudkannya secara konsisten. Sedikitnya ada 10 masukkan yang disampaikan oleh Pak Arifin selaku Ketua Bani, antara lain:


  1. Munas Alumni sudah diadakan dua kali, jika Forum Alumni mau menghargai sejarah para pendahulunya maka munas kali ini adalah yang ketiga.
  2. “Bani” sudah memilki AD/ART dan program tetapi tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Salah satu programnya adalah iuran anggota Rp.1.000,-/orang/bulan.
  3. Definisi “Alumni” harus jelas. ALUMNI SMAN 1 Pemalang adalah siapa/setiap orang yang pernah belajar di SMAN / SMAN 1 Pemalang baik yang sampai tamat / tidak tamat pendidikannya di lembaga pendidikan SMAN / SMAN 1 Pemalang.
  4. Pengurus Forum Alumni harus merata atau dijabat oleh berbagai angkatan.
  5. Masa bakti / kepengurusan jangan terlalu lama (pengurus Bani sudah 14 tahun dan cendereung seumur hidup).
  6. Pembentukan Korwil (Koordinator Wilayah) untuk daerah / wilayah tertentu sesuai kebutuhan.
  7. Sekretariat Utama / Pusat harus di Pemalang.
  8. Anggota dibuatkan tanda pengenal (kartu anggota).
  9. Panggilan anggota (tanpa melihat umur dan angkatan):

Laki – laki : M a s
Perempuan : M b a k

  1. Forum Alumni berkewajiban mendata seluruh alumni secara akurat dan jelas (keberadaan, kesehatan, dan lain – lain).
  2. Forum Alumni berkewajiban mengarahkan agar tidak ada anggota / aumni yang merasa tersisih (kurang percaya diri) jika bergaul / menghadiri acara pertemuan alumni baik reuni akbar / angkatan / kelas.
  3. Usahakan “salah satu” alumni SMAN 1 Pemalang agar suatu saat bisa menjadi Pemimpin Daerah (Bupati) Pemalang.

Pada gilirannya, Sri Yanuarti selaku Ketua Caretaker memaparkan secara visual melalui tayangan LCD tentang seluk – beluk Forum Alumni SMAN 1 Pemalang seraya menaggapi secara diplomatis alasan penamaan Munas I Forum Alumni hari itu. Dikatakannya bahwa penamaan munas hari itu karena alasan ketidaktahuan kita para generasi peralihan (angkatan 1980-an) atas keberadaan Bani selama ini. Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa pengangkatan dirinya sebagai Ketua Caretaker pada pertemuan Pamulang lebih bersifat pada fungsi kordinator guna mempersiapkan bentuk organisasi alumni yang lebih mapan. Adapun penamaan Forum Alumni SMAN 1 yang secara kebetulan berbeda dengan organisasi alumni yang sudah ada yaitu Bani SMAN Pemalang lebih bersifat peleburan antara alumni angkatan sebelum 1985 dengan alumni 1985 hingga sekarang sejalan dengan perubahan nama almamater dari semula SMAN Pemalang menjadi SMAN 1 Pemalang.
Jika Pak Arifin dengan Bani SMA Pemalngnya terkesan kegamangannya atas program – program yang disusunnya, Yanu – panggilan akrab Sri Yanuarti, justru sangat yakin dengan realisasi program – program Forum Alumni SMAN 1 Pemalang. Lebih lanjut Yanu mengatakan bahwa beberapa program spontan yang dibentuk bersama team maya lainnya terbukti bisa dilaksanakan secara baik, diantaranya pembuatan situs resmi alumni, beberapa lomba dalam rangka sosialisasi organisasi dan webs, pinjaman lunak pengadaan laptop bagi guru serta beasiswa bagi siswa berprestasi. Tidak lupa Yanu juga menyakan bahwa untuk ke depan organisasi alumni ini harus lebih jelas bentuk, nama, susunan pengurus maupun program kerjannya. Dukungan dan kerja sama dengan almamater juga sempat dia tegaskan pada akhir sambutannya.



Ibu Rishi, S.Pd, MM selaku Kepala SMAN 1 Pemalang juga tidak mau ketinggalan memberikan kejutannya pada saat memberikan sambutan. Disampaikan bahwa almamater sangat menyambut baik keberadaan Forum Alumni dengan segenap programnya. Bahkan dikatakannya guna memperat tali silaturahmi antara alumni dengan almamater agar lebih meningkat rasa tali kasih dengan para siswa SMAN 1 Pemalang saat ini, sekolah sedang mempersiapkan bangunan dua lantai sebagai calon Sekretariat Forum Alumni. Sebuah niatan yang patut kita tanggapi dengan sikap yang bijaksana serta bangga tentunya. Lebih lanjut Kepala Sekolah menyampaikan harapannya mengenai pengembangan SMAN 1 Pemalang serta kerja sama dan dukungan alumni. Harapan itu diantaranya seperti:


  1. Almamater (SMAN 1 Pemalang) sedang membangun Sekretariat Forum Alumni di lingkungan sekolah (digabung dengan gedung serba usaha).
  2. Forum Alumni diharapkan bisa menciptakan suasana keakraban / jalinan cinta kasih antar alumni selayaknya kakak – adik.
  3. Forum Alumni berkewajiban mendata seluruh alumni yang berjumlah + 15.000 orang.
  4. Diharapkan ada dukungan nyata dari Forum Alumni dalam merealisasikan SMAN 1 Pemalang sebagai RSMABI (Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional) untuk menuju SMABI (Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional).
  5. Mencari SISTER SCHOOL bagi almamater (SMAN 1 Pemalang) khususnya untuk luar negeri sebagai salah satu syarat SMABI.

Sesi yang sangat ditunggu – tunggu oleh seluruh pesrta munas pun tiba. Makan siang dengan menu aneka makanan khas Pemalang seperti soto, pecel jalan serayu dan lain – lain ikut memeriahkan munas hari itu yang spontan berubah menjadi miniatur reuni. Sayangnya menu khas yang ditunggu oleh beberapa peserta yaitu “cupar” dan “kroco”justru absen hadir. Waktu ishoma satu jam terasa cepat berlalu walaupun para peserta masih enggan melepaskan hasrat makannya. Bahkan beberapa diantaranya masih sempat memesan untuk disasakan (dibungkus) dan akan kembali disantapnya selepas munas.



Sesi ketiga yang dilaksanakan selepas ishoma berjalan cukup alot dan memakan waktu, pikiran serta tenaga. Berbagai masukan serta revisi terhadap konsep Anggaran Dasar (AD) organisasi juga dibahas secara mendalam. Sesi ini dipandu oleh Wilujeng (angkatan 1984) yang secara kebetulan menjadi guru di almamater. Sukedi merelakan dirinya menjadi operator laptop agar bisa langsung melakukan koreksi real-time terhadap konsep Anggaran Dasar maupun program kerja dan susunan pengurus. Sementara Damir Hendra Kusuma sibuk menjadi notulis, sedangkan Yanu dan Gogoth langsung berbaur dengan peserta munas lainnya.
Berbagai masukan penting dari peserta munas turut menyempurnakan konsep Anggaran Dasar, susunan pengurus maupun program kerja yang telah disiapkan oleh panita pengarah. Tampak antusiasme peserta atas terealisasinya hasil munas hari itu. Hal yang patut dibanggakan adalah adanya sinergi dari lintas angkatan. Nyaris tidak terlihat perbedaan sumber masukan yang ada, baik angkatan muda maupun tua. Mereka betul – betul melebur menjadi satu kesatuan, peserta Munas III Forum Alumni SMAN 1 Pemalang. Selain langsung dimasukkan dalam perubahan Anggaran Dasar organisasi, ada beberapa masukan yang bersifat normatif antara lain:

Nama organisasi alumni SMAN 1 Pemalang adalah Forum Alumni SMAN 1 Pemalang (FORSMANSA PEMALANG) yang merupakan pengembangan dari “BANI” yang pada umumnya beranggotakan para alumni SMAN Pemalang (sebelum almamater berubah nama menjadi SMAN 1 Pemalang).

Menyusun dan menetapkan Anggaran Dasar (AD) serta Susunan Pengurus.

  1. Memberikan amanat dan mandat kepada pengurus untuk menyusun Anggaran Rumah Tangga (ART) maupun program kerja FORSMANSA PEMALANG.
  2. Mencantumkan “STELSEL PASIF” pada status keanggotan FORMSANSA pada AD/ART.



Memberikan amanat kepada pengurus agar mendaftarkan AD/ART pada Notaris.



Sesi ini ditutup dengan penetapan Susunan dan Nama Pengurus organisasi yang dijabat secara merata oleh lintas angkatan. Beberapa nama lama yang cukup dikenal dalam millist / webs alumni maupun nama baru yang sama sekali tidak pernah muncul pun kebagian jatah sebagai pengurus dengan masa bhakti 3 (tiga) tahun sesuai amanat Anggaran Dasar organisasi. Pemerataan itu tercermin pada pengurus inti organasasi:
Ketua Umum : Untung Mardiyanto (81)
Ketua Harian : Sukedi Suud (85)
Sekjen : Wilujeng (84)
Wakil Sekjen : Adhi “Untung” Kuswoyo (95)
Bendahara : Sri “Gogoth” Kusunaryati (85)

Semoga Munas III Forum Alumni SMAN 1 Pemalang beserta hasil keputusannya bisa dilaksanakan secara baik oleh pengurus. Kepada segenap pengurus tidak lupa kami mengucapkan “Selamat menunaikan tugas”.

Susunan Pengurus Forum Alumni Smansa Pemalang ( FORSMANSA )
Periode 2010 - 2012
Hasil Munas III - 27 Februari 2010

Dewan Penasehat

:

Bpk. Arifin ‘65
Bpk. Abdul Basir ‘65
Bpk. Margono ‘67
Bpk. Casmo ‘67
Bpk. Sutanto ‘68
Bpk. Zarkoni ‘68
Ibu Sambastusi ‘68
Ibu Diyah ‘78

Ketua Umum

:

Untung Mardiyanto ’81


Pengurus Harian



Ketua

:

Sukedi ’85

Sekjen

:

Wilujeng ’84

Wakil Sekjen

:

Adhi Kuswoyo ’95

Bendahara

:

Ani Mardiana ‘86

Wakil Bendahara

:

Endang Harjono ‘80

Bidang Organisasi
dan Keanggotaan

:

Yanu ’85, Uus ’85 (Luar Negeri)
Agus Supriyatno ’90 (Wilayah)

Bidang Usaha

:

Hengki ’82
Kustoro ’97
Mahdi ’83
Bowo Prayitno ‘91

Bidang Pengembangan
SDM

:

Andika ’87
Syaifudin ’93
Deru Sudibyo ’80
Damir HK ‘85

Bidang Humas

:

Syamsudin Bakhri '83
Yogi Hartono ’91

Bidang Beasiswa

:

Fatah Yasin ’83
Neti GS ’82
Heru Wiharmoko ‘85


Koordinator Angkatan



* 1965-1970
* 1971-1975
* 1976-1978
* 1979-1981
* 1982-1984
* 1985-1987
* 1989-1990
* 1991-1993
* 1994-1996
* 1997-1999
* 2000-2002
* 2003-2005
* 2006-2008

:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:

Kiman '69
Suherdi '72
(TBA)
Baweh '81
(TBA)
Sindung '86
Tejo '90
(TBA)
(TBA)
(TBA)
(TBA)
(TBA)
(TBA)

admin


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik